Seni Mixing live

Merencana Sebuah System Audio

Seni Mixing live

Mixing Live band tidak ada aturan baku seperti seniman yang bebas mengepresikan diri untuk mengatur knop-knop yang begitu banyak yang ada di hadapan kita, hanya saja seorang Engineer paling tidak mengetahui teori-teori dasar audio,karena nantinya akan memudahkan kita dalam bekerja terutama pada live band. Live band atau recording memiliki tujuan yang sama yaitu membuat music menjadi enak,sulitnya menjadi Engineer adalah: yang menurut kita sebuah music itu enak,belum tentu bagi orang lain mengtakan enak, itulah tugas kita sebagai Sound Engineering.

MENGENALI JENIS MUSIKNYA
Untuk menghasilkan Mixing yang baik,alangkah baiknya kita harus cari tahu jenis musik apa yang akan di mixing,misal anda seorang Engineer sebuah Rumah Makan,menampilkan sebuah group band "Plans Band" misalnya..semakin sering anda menangani Plans Band dan sering mendengar lagu-lagunya maka akan semakin baik hasil Mixingnya.Seandainya satu saat kita diminta untuk Mixing sebuah band yang belum pernah kita tangani,alangkah baiknya kita cari tau jenis musicnya atau kita datangi band itu kita tungguin saat latihan atau pada waktu cek sound minta agak lama agar kita tau karakter dari band itu sendiri.

LEVEL VOKAL
Ada hal yang perlu di perhatikan saat melakukan Mixing Live,artikulasi Vokal penyanyi dalam pertunjukan band live usahakan jelas,tentunya mengangkat level Vokal porsinya diatas level alat musik sehingga vokal menjadi jelas,tidak ada aturan baku seberapa db perbedaan antara sound alat music dengan vokal,seorang Engineer yang profesional akan tahu titk mana yang paling proposional antara music dan Vokal.

BASS DAN DRUM 
Banyak cara untuk Mixing Bass dan Drum,kembali pada jenis music dan selera musisi serta kemammpuan Engineer meracik serta kemauan si musisi menjadi  hasil Miixingan yang baik,yang jelas Kick drum dipandankan dengan dentuman bass itulah yang namanya kawin antara kick dengan bass.Setelah keduanya kawin maka kita akan mendapatkan sebuah music tersaji enak tidak terkesan hambar.

GITAR
Frequesi gitar hampir selalu di area mid frequensi,apapun jenis musicnya gitas selalu membutuhkan area mid frequensi,suara midrange akan membantu sound gitar bisa tetap memiliki tampilan diantara tatanan mixing instrument lain.

MIXING DUA GITAR
Mixing dua gitar,bila menemui ada dua gitaris diatas panggung, langkah kita adalah mendiskusikan dengan band tersebut,apakan gitar satu di Pan kekanan tau sebaliknya dan bagaimana bila pas solo gitar?
Idialnya Mixing 2 gitar jangan terlalu extrime dalam main Pan pot,karena dalam letek speaker antara sayap kanan dan kiri bejahuan,penonton yang ada di kiri tidak bisa dengar gitar yang baru di pan kekanan,begitu juga sebaliknya,Apabila pas solo gitar sebaiknya sound gitar diarahkan ke centre(tengah) dan level gitar ketika solo,sedikit dibawah level vokal,agar sound vokal bisa tetap menonjol.